Rumah Adat Kepulauan Riau Lengkap Gambar Dan Penjelasannya

Rumah Adat Kepulauan Riau – Kepulauan Riau atau bisa juga disingkat Kepri merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan rumah adat yang cukup beragam dan bisa menjadi salah satu aset budaya yang perlu kita jaga dan juga kita lestarikan.

Nama Rumah Adat Kepulauan Riau Lengkap Gambar Dan Penjelasannya

Mengingat Kepulauan Riau merupakan provinsi yang berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Kamboja dan juga Vietnam. Tentu tidak mengherankan jika mayoritas penghuninya adalah masyarakat Melayu.

Nama Rumah Adat Kepulauan Riau Lengkap Gambar Dan Penjelasannya

Salah satu rumah adat yang terkenal dan populer dari Kepulauan Riau adalah jenis rumah adat Belah Bubung. Karena rumah adat ini adalah yang merupakan kebudayaan asli dari Kepulauan Riau sendiri. Jenis rumah adat ini memiliki cirikhas seperti pada umumnya rumah adat Kepulauan Riau dengan konsep desain rumah panggung dengan tinggi kisaran mencapai 2 meter dan terdapat sebanyak 4 bagaian utama dengan atapnya yang menyerupai atau berbentuk seperti pelana kuda.

Nama Rumah Adat Kepulauan Riau Lengkap Gambar Dan Penjelasannya

Selain memiliki manfaat atau fungsi sebagai salah satu tempat tinggal bagi masyarakat Melayu. Rumah adan Belah Bubung ini juga memiliki fungsi lain yang cukup beragam karena bisa untuk melangsungkan beberapa acara adat seperti perkawinan, tempat untuk menggelar musyawarah desa dan acara penting lainnya. Dan biasanya yang digunakan rumah Belah Bubung dengan ukuran yang cukup besar dan dimiliki para tokoh mayarakat.

Nama-Nama Rumah Adat Kepulauan Riau

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika Kepulauan Riau merupakan salah satu propinsi di Indonesai yang memiliki rumah adat cukup beragam. Untuk lebih jelasnya simak saja ulasan berikut ini.

1. Rumah Adat Belah Bubung

Nama Rumah Adat Kepulauan Riau Lengkap Gambar Dan Penjelasannya

Jenis rumah ada Belah Bubung ini merupakan rumah dan yang pertama berdiri di Kepulauan Riau. Sehingga tidak dijadikan sebagai salah satu ikon rumah adan yang paling banyak di kunjungi saat berada di provinsi tersebut.

Rumah adat Kepulauan Riau Belah Bubung ini memiliki desain seperti rumah panggung pada umunya. Namun yang membedakan atau menjadi ciri khas khusus terdapat pada bagian atapnya yang di buat atau didesain sehingga bisa menyerupai bentuk pelana kuda.

Bagian-bagian yang terdapat pada rumah adat Belah Bubung ini meliputi ruang induk, ruang selasar dan ruang penghubung ke dapur. Ruang Selasar sendiri biasa dijadikan tempat khusus untuk menyambut dan menjamu para tamu yang datang berkunjung. Sedangkan ruang induk sebagai tempat berkumpul. Ruang penghubung bisa menjadi tempat perantara induk menuju ke dapur.

2. Rumah Adat Lipat Kajang

Nama Rumah Adat Kepulauan Riau Lengkap Gambar Dan Penjelasannya

Untuk rumah adat lipat kajang ini juda memiliki konsep desain rumah panggung. Akan tetapi yang membedakan atau terdapat ciri khas khusus pada bagian bawah rumah tidak terdapat lubang. Karena pada bagian ini biasanya terdapat penutup yang bisa meggunakan kain gorden, kaca dan lainnya.

Pada bagian bawah rumah ini biasanya juga terdapat area atau tempat yang digunakan sebagai tempat penyimpanan yang dibuat secara tertutup supaya tidak mudah terlihat dari luar.

Keunikan pada rumah adat Lipat Kajang ini terdapat juga pada bagian atapnya yang memiliki konsep desain atap yang terlihat sangat curam atau biasa juga di sebut sebagai bumbugan.

3. Rumah Adat Lipat Pandan

Selain terdapat rumah adat Lipat Kajang terdapat juga rumah adat pada Kepulauan Riau yang memiliki keunikan tersendiri yang terletak pada bagian atapnya yang menyerupai daun pandan.

Hampir sam dengan rumah adat Lipat Kajang. Untuk jenis rumah adat Lipat Pandan ini juga berbentuk panggung yang identik atau terdiri dari tiga bagian utama yang terdiri dari ruang induk, ruang depan dan juga ruang belakang yang bisa di fungsikan sebagai dapur atau tempat untuk memasak.

4. Rumah Adat Atap Lontik

Nama Rumah Adat Kepulauan Riau Lengkap Gambar Dan Penjelasannya

Rumah adat Atap Lotik ini juga merupakan salah satu rumah adat khas Kepulauan Riau yang juga sudah sangat populer dan terkenal seperti halnya dengan rumah adat Belah Bubung. Untuk jenis rumah adat Atap Lotik ini memiliki ciri khas khusus pada bagian atapnya yang menyerupai bentuk kapal dan biasa masyarakat Kepulauan Riau menyebutnya sebagai Pancalang yang berarti perahu.

Untuk rumah adat Atap Liotik ini juga memiliki beberapa ciri khas khusus seperti pada bagian tangga dan tiang yang menjadi bagian penyangga atau tumpuan rumah. Dan menurut tradisi, konon setipa jumlah tinga atau anak tangga sibuat seperti ganjil semilsal lima, tujuh, sembilan seterusnya.

5. Rumah Adat Atap Limas Potong

Nama Rumah Adat Kepulauan Riau Lengkap Gambar Dan Penjelasannya

Rumah adat Atap Limas Potong ini juga memiliki ciri khas khusus dengan atapnya yang terlihat seperti bergelombang atau atapnya seperti terpotong-potong dan pada bagian atasnya terlihat lancip. Sementara untuk tinggi rumah panggung ini bisa mencapai ketiggian 1,5 meter dari posisi atas permukaan tanah.

Pada rumah adat Atap Limas Potong ini bisa memiliki atap potong dengan jumlah tiga sampai tujuh sesuai dengan ukuran rumah yang dibuat. Rumah adat Limas Potong ini memiliki fungsi untuk rumah adat di zaman dahulu sebelum beralih fungsi sebagai rumah masyarakat melayu.

6. Rumah Adat Perabung

Dan untuk rumah adat yang terakhir pada Kepulauan Riau yaitu rumah adat Perabung. Adapun untuk jenis rumah adat ini terdiri dari dua macam jenisnya yaitu Perabung Panjang serta Perabung Melintang.

Adapun untuk rumah adat Perabung Panjang ini memiliki cirikhas dengan atapnya yang panjang dengan perabung atau bumbungan yang sejajar dengan jalan raya atau jalan yang posisinya berada didepan rumah.

Sementara untuk rumah adat Perabung Melintang ini memiliki cirikhas dengan perabung atau bumbungan atap yang tidak sejajar dengan jalan. Namun dengan posisi yang terlihat sedikit menjorok ke bagian depan atau samping sesuai dengan bentuk ruma Perabung yang sedang dibuat. Biasanya untuk arah perabung ini juga di bedakan menjadi dua bagian yaitu perabung tungga dan perabung ganda.

Lihat juga :

Filosofi Rumah Adat Kepulauan Riau

Nama Rumah Adat Kepulauan Riau Lengkap Gambar Dan Penjelasannya

Setiap rumah adat tentu memiliki kandungan atau filosofi yang berbeda satu degan yang lainnya. Begitu juga dengan keberadaan rumah adat kepulauan Riau yang sangat beragam ini seperti yang akan diulas berikut ini.

Rumah adat ini memiliki ciri khas atau bentuk pada bagian atap yang cukup beragam. Dan pada bagian atap ini dianggap sebagai simbol atau lambang tentang kehidupan manusia yang harus memiliki cita-cita mulia seperti leluhurnya yang memiliki semboyan ” Berpancag Amanah Bersua Marwah”.

Nama Rumah Adat Kepulauan Riau Lengkap Gambar Dan Penjelasannya

Adapun utuk tahapan pembangunan rumah juga tidak dikerjakan secara asal-asalah dan harus melaui beberapa tahapan seperti musyawarah desa, pengadaan material, proses pembuatan dan biasanya yang terakhir dengan megadakan syukuran sebagai simbol atau pertanda rumah adat tersebut telah selesai dibangun.

Nah, demikian tadi ulasan terkait rumah adat Kepulauan Riau. Mengingat Kepulauan Riau berada dalam lokasi yang sangat strategi seperti berada langsung dengan perbatasan Sumatera dan Kalimantan. Membuat provinsi ini memiliki banyak sekali kebudayaan yang sangat menarik yang perlu untuk kita jaga dan kita lestarikan.