Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya
Pengertian Efek Rumah Kaca Adalah !!

Pengertian Efek Rumah Kaca adalah merupakan sebuah bangunan yang berbentuk rumah yang secara keseluruhan dari bangunannya di buat dari kaca. Baik itu bagian atap, tembok dan sebagainya. Keberadaan rumah kaca ini di buat tentu juga untuk memiliki tujuan dan manfaat yang jelas. Dan salah satunya diharapkan udara panas bisa terperangkap di dalamnya, sehingga pada saat musim dingin tiba, para petani masih bisa mengerjakan lahan pertanian seperti untuk menanam sayur, bunga, buah-buahan dan lain sebagainya.  Biasanya pembanguan rumah kaca banyak dimiliki oleh para petani yang di tinggal disebuah negara yang memiliki 4 jenis musim.

gambar rumah kaca

Lantas bagaimana dengan di Indonesia yang merupakan sebagai salah satu negara berkembang dan dikenal memiliki sumber pertanian yang memadai? Untuk di Indonesia keberadaan bangunan rumah kaca nampaknya masih jarang dijumpai. Hal ini tak lepas karena dalam satu tahun sinar matahari masih bisa didapatkan. Terlebih di Indonesia untuk lahan bercocok tanam juga terbilang masih memadai dengan dukungan musim tropis yang masih bisa diandalkan.

Dengan dibangunnya rumah kaca, membuat suhu yang berada di dalam rumaha kaca akan terasa lebih hangat walaupun di musim dingin. Ya karena fungsi dari rumah kaca ini bertujuan untuk menangkap sinar matahari, sehingga panas sinar matahari bisa terperangkap dalam bangunan tersebut. Nah, tentu ini sangat dibutuhkan terutama dinegara-negara yang mengalami musim dingin terutama seperti di eropa.

Sementara pada siang hari rumah, suhu di dalam rumah kaca akan terasa semakin hangat, sebaliknya jika di awaktu malah hari suhu akan tidak akan mengalami pengaruh dengan cuaca yang berada di sekitar atau diluar rumah kaca tersebut. Efek rumah kaca ini sering di anggap sebagai penyebab semakin membesarnya lapisan ozon, sehingga menjadikan bumi akan terasa semakin sangat panas khususnya ketika musim panas tiba.

Lalu apa hubunganya rumah kaca dengan efek rumah kaca? Jelas ini ini merupakan sebuah dari bagian sinkronasi yang tidak bisa dipisahkan dan akan selalu ada hubungan baik dari segi fungsi dan efek yang tidak dinginkan. Seperti juga dengan keberadaan rumah kaca ini, tentu perlu untuk dipelajari secara detail supaya kesimbangan alam tetap terjaga.

Pada prinsinya efek rumah kaca ini memiliki kesamaan dengan rumah kaca tersebut dengan terperangkapnya radiasai sinar matahari di atmosfer bumi. Gas di atmosfer bumi ini yang akan memiliki kemampuan untuk bisa menahan cahaya matahari di sebuat juga sebagai gas rumah kaca. Sebagai salah satu contoh saja, gas rumah kaca adalah CO2 ( Karbondioksida ). Tanpa adanya keberadaan dari efek rumah kaca ini, maka suhu bumi hanya -18 derajat Celcius, sehingga situasi ini membuat permukaan bui akan bisa tertutup oleh es.

Sebenarnya jika di kaji ulang, efek rumah kaca adalah sebuah fenomena yang memberikan banyak manfaat bagi kelangsungan hidup di bumi. Akan tetapi, permasalah kemudian timbul jika konsentrasi gas di rumah kaca di udara bertambah semakin banyak. Hal ini kemudian menjadikan suhu bumi akan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dan jika ini dibiarkan terus menerus, akan banyak populasi makhluk hidup yang terancam bisa menjadi punah.

Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya
Lalu bagaimana dengan proses terjadinya efek rumah kaca ini? Terjadinya efek rumah kaca ini didasari oleh sinar matahari yang terpantulkan oleh berbagai macam benda yang ada di muka bumi seperti rumah kaca yang dimaksud. Sehingga sinar matahari yang dipantulkan lagi ini dapat merusak bagian lapisan ozon. Padahal fungsi utama dari ozon ini untuk menghambat cahaya matahari yang berada di atmosfer bumi.

Nah, jika lapizan ozon yang berada di atmosfer bumi menjadi berkurang, maka secara efeknya sangat jelas bisa menjadikan suhu di bumi akan mengalami peningkatan atau naik secara terus menerus. Jika suhu bumi menjadi naik, maka bumi akan berubah menjadi dingin. Kondisi tersebut akan menjadi bertambah buruk, karena karbondioksida yang berada di bumi. Karena bisa menahan pantulan sinar matahari, sehingga suhu di bumi akan semakin meningkat.

Agar kita bisa menghindarkan lapisan ozon dari ancaman kerusakan di lapisan atmosfer bumi, maka kita juga harus mengurangi pemakaian dari alat atau bahan yang dapat menghasilkan CO2 atau karbondioksida. Karena hal ini juga bisa mengakibatkan kerusakan pada lapisan ozon lainnya.

Pada prosenya terjadinya efek rumah kaca ini dimulai dari matahari yang akan memancarkan sinarnya dalam bentuk radiasi ultraviolet ke bumi. Dan yang sinar yang diterima bumi ini kemudian dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi inframerah. Sinar matahari yang akan masuk ke bumi sebagai panas, selanjutnya sebagian sinarnya akan di pantulkan kembali ke angkasi oleh permukaan bumi.

Dengan sebagian lainnya akan bisa diserap dengan baik oleh permukaan bumi yang warnanya akga gelap ataupun oleh gas rumah kaca yang sudah terkandung dalam atsmosfer. Gas rumah kaca ini memiliki peranan yang bertindak seperti benda hitam, yang membuat cahaya yang datang akan dipantulkan kembali sebagai panas. Semakin banyak kandungan atau konsentrasi gas ini, maka akan semakin banyak pula panas yang akan dilepaskan.

Oleh karena itu makan akan terasa panas pula suhu yang berada di permukaan bumi. Sehingga membuat keberadaan efek dari rumah kaca ini tidak bisa dianggap remeh lagi. Karena ini juga bis menjadi permasalahan yang sangat penting di bumi dan harus segera di temukan solusi terbaiknya.

Penyebab Efek Rumah Kaca

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Tentunya banyak hal-hal yang menjadi penyebab terjadinya efek rumah kaca adalah dari gas-gas yang di hasilkan dari rumah kaca tersebut, yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Uap air ( H2O)
2. Karbondioksida ( CO2 )
3. Mentana ( CH4 )
4. Ozon ( O3 )
5. Nitraus Oksida ( N2O )
6. CFC (Cholro Fluoro Carbon ) dan HFC ( Hidro Fluoro Carbon )

Kontribusi masing-masing gas tentu tergantung juga pada lamanya gas bertahan atmosfer. Dan salah satu gas yang mampu bertahan cukup lama di atmosfer adalah karbondioksida atau CO2. Terlebih dalam beberapa dekade terakhir ini, emisi gas CO2  di udara semakin mengalami peningatan akibat dari aktivitas dan perlilaku manusia. Ada beberapa aktivitas manusia yang bisa menghasilkan banyak emisi gas CO2 maupun gas rumah kaca lainnya, seperti yang akan diulas berikut ini.

1. Penggunaan Bahan Bakar Fosil

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Peenggunaan dari bahan bakan fosil yang kian meningkat volumenya seperti minyak bumi dan batubara juga bisa menjadi salah satu dari penyebab makin tingginya dari efek rumah kaca. Karena dari penggunaan bahar bakar fosil yang berlebihan ini akan bisa menyebabkan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer seperti contoh koarbondioksida yang dihasikan dari pembakaran bahan bakar fosil.

2. Maraknya Penebangan Dan Pembakaran Hutan

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Seperti kita ketahui, pohon akan sangat memiliki fungsi yang baik untuk bisa mengubah gas karbondioksida menjadi oksigen yang tentunya sangat dibutuhkan oleh manusia. Akan tetapi justru sebagian manusia sekarang lebih suka menebang dan melakukan pembakaran hutan untuk kepentingan pribadi seperti untuk bercocok tanam, membuka lahan sawit. Dan pada saat hutan dibakar juga akan bisa menghasikan  gas rumah kaca yang dapat meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca.

3. Tingginya Pencemaran Laut

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Tahukah anda jika lautan juga bisa menyerap karbondioksida dalam jumlah uang sangat besar yang disebabkan oleh tingginya pecemaran laut oleh berbagai macam jeis limbah dan sampah. Tingginya pencemaran laut ini tentu juga bisa menyebabkan ekosistem yang di dalamnya menjadi musnah dan punah. Situasi ini membuat laut tidak dapat menyerap karbondioksida secara baik dan maksimal.

4. Industri Pertanian

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Untuk jenis pertanian dengan skala yang besar dan bisa disebut juga sebagai bagian dari industri, biasanya juga akan menggunakan pupuk dengan jumlah yang sangat banyak pula. Padahal pupuk yang terpakai itu akan melepaskan gas nitrous oxide ke atmosfer yang kemudian menjadi bagian gas rumah kaca.

5. Limbah Industri Dan Tambang

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern juga membuat pertumbuhan pabrik-pabrik sebagai penyedia bahan-bahan idustri juga terus akan mengalami peningkatan seperti pabrik pupuk, pabrik semen dan penambangan batu bara. Tingginya dari aktivitas pabrik-pabrik tersebut tentu bisa mengakibatkan juga produksi gas rumah kaca seperti karbondioksida.

6. Limbah Rumah Tangga

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Tahukah anda, jika limbah tangga juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya efek rumah kaca. Jika limbah tersebut dibiarkan terus menerus dan tidak diperhatikan dengan baik akan bisa menghasilkan gas karbondioksida dan juga methana yang biasanya dihasilka oleh bakteri pengurai sampah.

7. Industri Perternakan

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Salah satu contoh industri perternakan yang bisa menimbulkan efek rumah kaca adalah perternakan sapi. Karena disana banyak menghasilkan gasa karbondioksida dan gas methana dalam jumlah yang besar ke atmosfer. Gasini dihasilkan dari kentut sapi, kotoran sapi yang merupakan hasil produksi dari bakteri pengurai dari perut sapi.

Dampak Efek Rumah Kaca

Lantas dampak efek rumah kaca ini apa saja? Karena dampak dari efek rumah kaca ini berimbas pada pemanasan global, banyak sekali dampak-dampak yang terjadi seperti di tandai dengan gunung-gunung es di kutub utara menjadi mencair, bisa juga mengakibatkan naiknya permukaan laut yang semakin tinggi. Dan bila kita perhatikan secara seksama, bahwa perubahan iklim di bumi juga menyebabkan cuca menjadi lebih extrem dan sudah tidak sehat lagi. Hal itu menjadi salah satu yang di timbulkan oleh efek rumah kaca. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

1. Perubahan Iklim Yang Semakin Extrem

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Dampak dari efek rumah kaca ini bisa menjadikan daerah yang hangat akan menjadi lembab di karenakan ada lebih banyak air yang menguap di lautan. Hal ini disebabkan oleh uap air yang merupakn gas rumah kaca sehingga keberadaannya akan menyebabkan meningkatnya efek insulasi pada atmosfer. Selain itu, upa air yang banyak juga akan bisa membentuk awan menjadi lebih banyak.

Sehingga kemudaian akan menimbulkan pantulan dari cahaya matahari akan kembali ke angkasa, yang mana hal itu akan menurunkan kadar dari proses pemanasan. Kelembapan yang sangat tinggi juga bisa membuat curah hujan semakin tinggi, badai yang semakin sering dan air akan lebih cepat menguap dari tanah.

2. Semakin Meningkatnya Permukaan Air Laut

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Dan salah satu dampak dari terjadinya pemanasan global ini atau efek dari rumah kaca adalah dengan semakin meningkatnya permukaan air laut. Bahkan untuk lapisan es di benua arktic akan berkurang mencapai 2,7 % per dekade. Sehingga temperatur rata-rata global akan terus meningkat dengan kedalaman paling sedikit 300 meter saja.

Dengan perubahan tingginya rata-rata air laut akan diukur dari daerah yang memiliki lingkungan yang lebih stabil secara geologi. Lalu ketik atmosfer menghangat lapisan air laut juga akan ikut menghangat. Hal ini menjadikan vaolumenya aka semakin membesar dan menaiknya tinggi permukaan laut.

3. Adanya Peningkatan Suhu Global

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Dengan terjadinya pemanasan global ini pada sistem iklim bumi menjadi hal yang sangat terasa. Hal ini di tandai dengan banyaknya bukti pengamatan kenaikan temperatur udara dan laut, pecairan salju dan juga es di berbagai tempat di dunia dan kemudian menjadikan naiknya permukaan  laut global.

Perubahan ini juga telah di ukur dan diteliti para ilmuwan dengan mengukur atmosfer, permukaan es, lautan dan gletese yang menunjukan jika kini bumi telah mengalami pemanasan akibat dari adanya emisi gas rumah kaca di masa lalu.

4. Gangguan Ekologis

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Imbas dari pemanasan global ini juga menjadi pemicu binatang atau hewan untuk melakukan migrasi ke arah kutub es dan juga ke atas pegunungan. Tumbuhan juga aka mengubah arah pertumbuhannya dengan mencari daerah baru yang memiliki habitat yang dirasa lebih hangat. Akan tetapi pembangunan manusia terkadang justru akan menghalangi perpindahan yang bisa terjadi tersebut.

Sebagai contoh para spesies yang akan berpindah ke arah selatan dan utara akan terhalangi oleh kota-kota dan juga lahan-lahan pertanian milik manusia yang bisa menjadi mati. Beberapa jenis spesies yang tidak akan mampu berpindah dengan secara cepat menuju kutub, bahkan akan bisa musnah atau mengalami kepunahan.

5. Sosial Dan Politik

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Dengan terjadinya perubahan cuaca dan lautan akan bisa untuk mengakibatkan munculnya berbagai penyakit yang berhubungan atau ada kaitannya dengan panas, adanya penyebaran penyakit melalui air, adanya penyebaran penyakit lewat vector, bahkan sampai bisa menyebabkan kematian. Temperatur suhu yang panas juga akan bisa mengakibatkan para petani menjadi rugi karena gagal panas yang bisa menyebabkan kelaparan dan juga malnutrasi.

Cara Mencegah Efek Rumah Kaca

Setelah kita mengetahui dari bahanya efek rumah kaca bagi kelangsungan hidup semua mahkluk di muka bumi ini dengan adanya pemanasan global. Tentu akan lebih bijak juga bila kita kemudian mau mempelajari agar bisa mengerti cara menanggulangi atau mencega dari terjadinya efek rumah kaca ini. Ada beberapa tindakan atau perilaku dari aktivitas kita yang bisa untuk mencegah efek rumah kaca seperti yang akan diulas berikut ini.

1. Hemat Energi Listrik

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Gunakan pemakaian listrik seperlunya saja dan jangan berlebihan. Dengan begitu kita sudah ikut andil atau memiliki kontribusi dalam upaya mengurangi pemakaian batu bara yang bisa menimbulkan emisi gas dan juga karbondioksida di udara.

2. Menggunakan Pupuk Organik

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Peningkatan hasil pertanian kadang tidak harus berbasis pada penggunaan pupuk kimia atau non organik. Jika semua petani bersedia menggunakan pupuk organik denga kadar yang lebih optimal, hasil pertanian juga bisa melimpah. Bila pemakaian pupuk nonorganik dikurangi, maka emisi gas N2O juga akan menjadi berkurang.

3. Penggunaan Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan mungkin masih jarang ditemukan di Indonesia. Sebagai salah satu bahan bakar yang ramah lingungan dengan menggunakan panel surya dan juga bahan bakar listrik. Bahan bakar tersebut di katakan ramah lingkungan karena tidak menghasikan polutan yang berbahaya bagi keberadaan lingkungan disekitarnya.

4. Optimalkan Limbah Pertanian

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Seperti kita ketahui, limbah merupakan salah satu penyumbang gas rumah kaca, terlebih dari limbah perternakan yang berskala besar. Untuk bisa mengurangi dari emisi karbondioksida maupun mentana, limbah bisa diolah menjadi salah satu sumber biogas. Dan biogas ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu seumber alternatif pengganti bahan bakar fosil.

5. Gerakan Reboisasi Atau Penghijauan Hutan Kembali

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya efek rumah kaca dengan menggalakan gerakan reboisasi atau melakukan penghijauan kembali dengan melakukan penanaman pohon di kawasan hutan-hutan yang mulai gundul imbas dari penebangan liar. Seperti kita ketahui jika bawah tumbuhan akan bisa menyerap karbondioksida dan uap air sebagai bahan baku fotosintesis.

6. Batasi Penggunaan Plastik

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Plastik merupakan senyawa polimer yang sulit untuk terdegradasi di dalam tanah. Untuk mengurangi limbah plastik di dalam kandungan tanah, salah satu cara yang termudah yaitu dengan melakukan pembakaran. Nah dari proses pembakaran ini juga akan menghasilkan gas karbondioksida dalam jumlah yang sangat besar. Untuk itu, sebaiknya batasi dalam penggunaan plastik dengan cara membawa botol air minum sendiri atau membawa tasa kain pada saat sedang belanja.

Gas Rumah Kaca

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Pembahasan akan efek rumah kaca juga tak akan lepas dengan beberapa jenis gas yang dapat menimbulkan dari efek rumah kaca seperti yang akan dibahas berikut ini.

1. Senyawa Karbondioksida

Karbondioksida merupakan gasa rumah kaca dengan kotribusi paling besar dalam pada terjadinya proses pemasanan global ini. Kosentrasi alaminya kecil sehinga hanya bisa di serap sebanyak 0,3% persen saja di atmosfer dan hanya bisa dihirup tanaman dengan bantuan sinar matahari secara alami. Dan proses ini secara detail meripakan pembentukan jaringan tanaman yang lebih dikenal sebagai proses fotosintesis.

2. Senyawa Methan

Methan merupakan senyawa yang dihasilkan ketika bakteri tertentu sedang menguraika bahan organik pada kondisi tanpa udara. Selain itu, gas ini dikenal juga merupakan gas yang sanga mudah terbakar, sehingga akan bisa menghasilkan karbondioksida sebagi hasil dari sampingannya. Methan manusia berasal dari industri dan juga pertanian serta pembakaran biomassa.

3. Senyawa Nitrogen

Perlu untuk diketahui, senyawa yang satu ini memiliki masa hidup yang paling panjang dan mampu bertahan hingga 150 tahun di atmosfer. Sehingga untuk peningkatan emisinya akan sangat kecil dan bisa menimbulkan konsentrasi yang meningkat. Untuk pemakaian bahan bakar fosil dan pupuk nitrogen akan menjadi penyumbang terjadinya pencemaran udara sehingga akan menimbulkan adanya penumpukan emisi.

4. Chloro Floro Carbon

Dengan pemakaian CFC yang terlalu berlebihan dan juga berkelanjutan dalam berbagai penggunaan seperti pada dry clean, AC dan inustri elektronik akan bisa menambah kadar pecemarana udara yang mengakibatkan penimbunana pada lapisan atmosfer.

Contoh Efek Rumah Kaca

Untuk saat ini efek rumah kaca memang sudah menjadi salah satu bagian ancaman terbesar di bumi kita ini yang berimbas pada terjadinya pemanasan global yang juga bisa membahayakan semua mahkluk hidup di bumi ini meliputi manusia, tumbuhan dan juga hewan. Ada banyak contoh dampat atau penyebak terjadinya efek rumah kaca ini akibat aktivitas dari perilaku kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti yang akan diulas berikut ini.

1. Pemborosan Listrik

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Efek dari penggunaan listrik yang boros bisa menjadi salah satu contoh yang bisa menyebabkan terjadinya efek rumah kaca. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang kian beragam dan modern. Pemakaian listrik menjadi energi yang paling besar di pakai manusia. Dan pengunaan listrik ini juga bisa mengakibatkan karbondioksida menjadi banyak.

Sebagai besa pembangkit tenaga listrik juga akan mengeluarkan gas rumah kaca seperti gas karbondioksida atau CO2 melalui limbah asapnya yang berjumlah sangat banyak. Terlebih untuk pembangkit listrik ini hampir selalu ada di seluruh wilayah baik yang berskala besar ataupun kecil.

2. Pembakaran Sampah

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Salah satu contoh lain dari efek rumah kaca ini adalah dengan adanya pembakaran sampah. Hal ini tak lepas dengan asap yang ditimbulkan dari proses pembakaran sampah ini juga akan menimbulkan gas karbondioksida atau CO2. Karena jika sampai bisa memenuhi atmosfer bumi, maka sinar matahari akan kembali dan bisa memantul ke angkasa. Dan karena terhalang oleh adanya CO2 tadi, sehingga menjadikan suhu di bumi akan menjadi terasa lebih panas.

Jika yang membakar sampah itu hanya 1 atau 2 orang saja, maka mungkin pengaruhnya tidak akan ada. Akan tetapi bagaimana jika yang membakar sampah ini di lakukan banyak orang dan setiap hari. Dan akan lebih baik lagi jika sampah-sampah tersebut dilakukan daur ulang dan tidak hanya selalu di bakar saja untuk bisa mengurani dampak dari efek rumah kaca.

3. Meningkatnya Pemakaian Motor Dan Mobil

Pengertian Efek Rumah Kaca Dan Proses Penyebabnya

Motor dan mobil merupakan bagian dari jenis alat transportasi dengan bahan bakar fosil yang hampir setiap rumah memilikinya. Bahkan terkadang dalam satu rumah tiap anggota memiliki motor sendiri-sendiri. Tak aneh sering banyak anak muda yang keluyuran atau berpergian dengan menggunakan motor ataupun mobil jika tidak ada kerjaan. Nah, kebiasaan ini juga bisa menimbulkan atau menyebabkan efek rumah kaca semakin buruk. Karena asap yang dihasilkan oleh kendaraan tersebut akan menjadikan bumi semakin terasa panas imbas dari membludaknya gas karbondioksida atau CO2 hasil dari pembakaran kendaraan bermotor tersebut.

Jika anda kurang percaya dengan bahaya asap dari kendaraan ini, bisa anda praktekan secara langung. Caranya sangat mudah, coba anda hidupkan sepeda motor atau mobil dan kemudian dekatkan wajah anda di dekat knalpot. Maka anda akan bisa merasakan sesak napas yang diakibatkan oleh asap dari kendaraan tersebut. Bahkan jika asap yang di hasilkan kendaraan tersebut berlebihan, bisa mengakibatkan banyak penyakit berbahaya seperti kerusakan peredaran darah, paru-paru yang bisa berujung pada kematian.

Untuk bisa membantu atau setidaknya meminimalkan dari efek rumah kaca ini. Sebaiknya anda gunakan sepeda motor atau mobil jika memang diperlukan atau sesuai dengan kebutuhan. Hal ini juga akan sangat memberi manfaat dari segi ekonomi juga. Atau jika ingin berpergian lebih dari satu orang atau ramai-ramai dengan tujuan yang sama, sebaikanya alternatif terbaiknya dengan berboncengan dan tidak membawa sepeda motor atau mobil secara sendiri-sendiri.

Nah demikian tadi terkait ulasan dari pengertian rumah kaca, efek rumah kaca, proses terjadinya rumah kaca hingga tindak yang perlu kita lakukan untuk mencegah terjadinya efek rumah kaca yang mengakibatkan terjadinya pemanasan secara global di muka bumi ini. Karena jika hanya dibiakan saja dan tidak diambil langkah-langkah pencegahan akan bisa mengancam kelangsungan dari kehidupan semua mahkluk hidup yang ada di muka bumi.

Sumber : thegorbalsla.com